.:: ASSALAMU'ALAIKUM PEMBACA YANG BUDIMAN * SELAMAT MEMBACA CATATAN-CATATAN SEDERHANA INI ::.

Sabtu, 01 Mei 2010

Refleksi Tiga Tahun (part 2)

Kali ini saya mau mengingat-ingat lagi sesuatu yang berhubungan dengan pelajaran dan sekolah saya. Tak tahu mengapa saya begitu ingin membaginya dengan teman-teman semua. Mungkin apa yang saya pikirkan akan sama dengan kalian, mungkin juga tidak. Tapi yang jelas saya hanya ingin berbagi dengan kalian semua. dan untuk kali ini saya tidak lagi copas dari Mas Raha, ini aseli perenuangn sendiri. Dan untuk teman-teman yang ingin copas dan menjawab entri-entri dalam tulisan ini dengan senang hati saya persilakan ^_^


1. Di sekolah masuk jurusan apa?
>> IPS

2. Pelajaran apa yang paling kamu senangi? Alasannya?
>> Sejarah dan PKn. Suka sejarah karena pelajaran ini paling memberi saya rasa penasaran dan keingintahuan yang besar untuk terus membaca dan berdiskusi. Dan entah mengapa selalu timbul rasa optimis setiap saya belajar sejarah. Kalau PKn karena saya suka politik, tapi bukan politik praktis. Saya merasa perlu sekali belajar PKn karena itu kita butuhkan untuk membersihkan penguasa-penguasa yang korup.

3. Yang kamu nggak suka? Alasannya?
>> Akuntansi. Bukan karena benci atau ngga suka dengan gurunya, tapi lebih karena saya merasa ini bukan dunia saya. Saya selalu merasa mual kalau berhadapan dengan angka-angka.

4. Pernah ngga merasa bosen sekolah?
>>Pernah, dulu waktu kelas XI.

5. Apa sih yang bikin kamu bosen?
>> Rasanya sekolah kok monoton benget. Diskusi ato cara mengajar gurunya garing. Siswa cuma jadi pendengar saja, itu yang tidak saya suka. Tulisannya saja kurikulum KTSP, penerapannya nol. Dan saya paling tidak suka dengan sistem pengambilan nilainya, ngga objektif sama sekali dan terlalu berorientasi pada hasil akhir tanpa mempedulikan proses.

6. Pernah bolos pelajaran ngga? Sebabnya?
>> Pernah. Waktu itu gara-gara ngurus kegiatan ekstra. Tapi kadang juga kalau lagi malas ikut Matematika atau akuntansi saya juga bolos. (jangan ditiru ya… ^_^ )

7. Kalau pernah, kemana kamu bolos?
>> Biasanya selalu ke perpustakaan, baca buku di sana (saya pikir ini bolos yang positif..hehehe). Kadang ya di Journalist Office atau di halaman belakangnya.

8. Pernah melanggar tata tertib?
>>So pasti pernah.

9. Kenapa melanggar?
>>Dulu sih tanpa unsur kesengajaan, ya telat ato ngga pakai atribut. Tapi pas kelas XI dan XII saya sengaja melanggar supaya bisa debat sama Pak Nyoto (security sekolah). Saya agak kurang suka dengan doktrin disiplin ala militer yang diterapkan kepada teman-teman saya.

10. Buku yang paling kamu sukai apa n kenapa?
>> “Catatan Seorang Demonstran”-nya Soe Hok Gie dan “AKU”-nya Sjuman Djaja. Saya banyak belajar dari kedua tokoh itu melalui kedua buku ini. Isinya idealis dan inspiratif.

11. Lebih suka baca buku mapel ato non mapel? Kenapa?
>> Non mapel. Secara, karena buku mapel (apalagi yang dari pemerintah) isinya monoton dan kadang ngga update.

12. Kalau dikasih tugas sekolah, tugas apa yang paling kamu sukai? Kenapa?
>>Penelitian sosial lapangan. Dulu pernah disuruh Pak Yahya untuk survey pas Pemilu 2009. Asik banget. Kita jadi bisa tahu realitas sosial di masyarakat itu seperti apa, jadi ngga cuma teori di kelas saja.

13. Seberapa sering kamu ke perpustakaan sekolah?
>> Ngga sering-sering amat.

14. Apa yang paling ngga kamu sukai n kamu benci dari perpustakaan sekolah?
>> Sukanya karena tempatnya nyaman. Ngga sukanya karena buku-buku yang asik dibaca cuma sedikit. Soalnya di situ kebanyakan cuma buku mapel. Ngga representatif sama sekali. Kalau ada buku bagus pasti pinjamnya sulit, itu yang membuat saya biasanya ambil diam-diam tanpa sepengetahuan petugas. Selesai saya baca saya kembalikan lagi dengan diam-diam pula.

15. Tempat mana di sekolah yang paling kamu sukai? Kenapa?
>> Halaman belakang Journalist Office. Saya biasanya baca buku ato ngobrol-ngobrol dengan Mas Slamet, Nashir, dan Pak Silan di situ.

16. Menurut kamu seperti apa sih sekolahmu dibanding sekolah lain?
>> Biasa saja. Buat saya ngga ada sekolah di Kediri yang bener-bener top.

17. Apa yang paling kamu sukai dari sekolahmu?
>> Di depan kelas ada kran airnya. Jadi kalau mau cuci muka ngga harus ke toilet.

18. Apa yang paling tidak kamu suka dari sekolahmu?
>> Atmosfer keorganisasian di sana ngga kondusif. Di OSIS wakil-wakil organisasi belum bisa bersatu, masih membawa kepentingan-kepantingan organisasinya. Dan yang membuat saya paling jengkel, ada juga pembina organisasi yang terlalu kuat mendomplengi siswa.

19. Pernah ngga merasa pengen pindah sekolah?
>> Ngga. Kan tadi sudah saya bilang, di Kediri ini ngga ada sekolah yang benar-benar bagus dan cocok menurut saya.

20. Setelah lulus keinginan terbesar kamu kuliah di mana?
>> Di Universitas Indonesia jurusan Sejarah.

Tunggu yang part 3

Mandalawangi, 24 April 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.:: TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA * SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA SEMUA * WASSALAMU'ALAIKUM ::.